Bupati Batang Kembalikan Tarif Lama PDAM

Bupati Batang Kembalikan Tarif Lama PDAM

Bupati Batang Kembalikan Tarif Lama PDAM

BATANG, Jateng [Kompos.Net] – Bupati Batang Wihaji mengeluarkan kebijakan mengembalikan tarif lama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), yang hampir enam bulan terakhir tarif PDAM mengalami kenaikan.

”Kenaikan tarif PDAM bukan pada zaman saya, tetapi pelaksanaannya di zaman saya. Ini bukan perkara setuju tidak setuju, namun sudah melalui persetujuan dengan DPRD,” kata Wihaji saat konferensi pers di Bagian Humas Setda Kabupaten Batang, Jumat (21/12/2018).

Pengembalian tarif lama merupakan hasil kajian dari lembaga independen, lanjutnya. Menurutnya, ini (normalisasi tarif PDAM) lebih pada keperpihakan kepada masyarakat. Tidak ada unsur intervensi dari mana pun, tetapi merujuk dari kritik dan saran masyarakat karena belum maksimalnya pelayanan PDAM.

“Penundaan mulai bulan Desember sampai pelayanan yang maksimal. Kenaikan tarif dari Rp 2.850 per kubik akan dikembalikan ke tarif  lama tahun 2017, yaitu Rp 2.500 per kubik,” wedarnya.

Pelayanan kebutuhan air bersih menjadi tanggung jawab PDAM sebagai perusahaan daerah milik Pemkab. Oleh karena itu, untuk menanggulangi biaya operasionalnya kita akan melakukan efisiensi yang dianggap boros sehingga tidak merugi dan tetap memberikan deviden sesuai target yang ditentukan.

Di sisi lain, Direktur PDAM Kabupaten Batang Yulianto mengatakan bahwa perusahaannya sudah melaksanakan tugas dengan maksimal kepada masyarakat, baik dari segi peningkatan SDM maupun teknis kualitas, kuantitas, dan kontinuitas.

“Pelayanan kami dipandang masyarakat (pelanggan0 belum maksimal dalam melayani kebutUhan air bersih,” katanya.

Dijelaskan pula oleh Yuli bahwa kenaikan  tarif untuk peningkatan pelayanan PDAM agar bisa berlanjut berkesinambungan. Dan, adanya pelanggan baru.

“Untuk sementara stop pelanggan baru, tetapi lebih fokus menambah kapasitas debit air, setelah memungkinkan debit airnya baru kita akan menambah pelanggan baru lagi,” ungkap Yuli.

Adapun untuk jumlah pelanggan PDAM saat ini hampir mencapai 47 ribu konsumen. Dengan target devidennya 2018 mencapai Rp 4,2 miliar dan target 2019 Rp 4,5 miliar, serta survei pelayanan PDAM Kabupaten Batang. (Edo/Red)

leave a comment

Create Account



Log In Your Account