Februari 2018, Optimisme Konsumen dan Penjualan Eceran

TEGAL [Kompos.net]—Berdasarkan hasil Survei Konsumen, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) di Kota Tegal untuk periode Februari 2018 berada pada level optimis dengan nilai indeks di atas 100 yaitu sebesar 121,83.

Optimisme tersebut didukung oleh komponen Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini yang berada pada level optimis, yaitu sebesar  118,67 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 125,00.

Ekspektasi masyarakat Kota Tegal terhadap tingkat pengeluaran tiga bulan yang akan datangakanmengalami peningkatan. Sebanyak 48% responden menyatakan hal tersebut.

“Alasan perubahan belanja konsumsi disebabkan oleh perubahan belanja makanan yang mengalami peningkatan. Hal tersebut selaras dengan ekspektasi harga yang mengalami kenaikan karena keterbatasan ketersediaan barang/jasa dan pendistribusian barang,” Kepala Tim Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal, Gunawan Purbowo, Senin (12/3/2018).

Sejalan dengan Survey Penjualan Eceran yang ditunjukkan oleh indeks penjualan riil pada bulan Februari 2018 diperkirakan mengalami kenaikan. Perkiraan ini didapat dari angka indeks penjualan riil yang tercatat sebesar 126,29 atau mengalami kenaikan pada indeks bulanan (m-t-m) sebesar 0,81%.

Kenaikan ini diperkirakan terjadi karena naiknya penjualan beberapa jenis barang. Secara spesifik, penjualan pada kelompok perlengkapan rumah tangga yaitu meubel. Hal tersebut disebabkan karena permintaan yang tinggi salah satunya bonus pegawai diberikan kepada pegawai oleh perusahaan/instansi di awal tahun.

Responden memperkirakan penjualan pada 3 s.d. 6 bulan mendatang akan mengalami kenaikan. Kondisi yang sama juga tampak pada ekspektasi harga 3 s.d. 6 bulan kedepan. [Aura/red]

leave a comment

Create Account



Log In Your Account