FORKOMBI Desak Bupati Batang Keluarkan Aturan Pemerataan Beasiswa.

FORKOMBI Desak Bupati Batang Keluarkan Aturan Pemerataan Beasiswa.

FORKOMBI Desak Bupati Batang Keluarkan Aturan Pemerataan Beasiswa.

BATANG [Kompos.net]—Forum Komunikasi Mahasiwa Batang Indonesia (FORKOMBI) mendesak Bupati Batang Wihaji untuk mengeluarkan aturan perihal pemerataan beasiswa pendidikan bagi warga Batang.

Desakan itu berdasarkan kegelisahan mahasiswa Batang melihat kenyataan pendidikan di Kabupaten Batang. Hal tersebut diungkapkan pengurus FORKOMBI bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2019.

Aji Yusuf, Kordinator Pusat FORKOMBI, menyatakan menilik amanat terhadap UUD 1945 tentang Pendidikan yang belum dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Batang secara maksimal dan merata, maka perlu perlu dikritisi oleh kawula muda.

Mahasiswa menuntut adanya perubahan sistem penganggaran bantuan pendidikan dari dana hibah bantuan sosial yang dikelola oleh bagian kesra menjadi belanja langsung daerah yang di kelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Batang sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003.

“Kami berharap Pemkab Batang turut berkomunikasi baik dengan mahasiswa Batang, dan itu menjadi perhatian bagi Bupati” jelas dia kepada Kompos.net, Senin (28/10/2019).

Menurutnya, selama ini mahasiswa merasakan ketidakhadiran pemerintah dalam memperdulikan dan memperhatikan kawan – kawan organisasi mahasiswa daerah. Yang mana kita berkumpul memiliki tujuan, tidak hanya mencari kecerdasan secara intelektual dan skill, tetapi juga memberikan ruang dalam kecintaan daerah.
Padahal jika pemerintah mau dan memfasilitasi organisasi mahasiswa daerah, kita akan
merasa diperhatikan dan memiliki tanggung jawab untuk pulang dan kembali berkontribusi untuk
Batang.

Dia menerangkan satu sikap yang tidak boleh ditawar soal Pendidikan adalah Pendidikan itu hak segenap anak bangsa dan sekaligus menjadi kewajiban Negara (Pemerintah) untuk mencerdaskannya.

“Pendidikan sesungguhnya salah satu cara yang paling pokok untuk memajukan generasi yang akan datang,” terangnya.

Batang dengan kondisi saat ini, beban kita sebagai pemuda sungguh berat dalam
menanggug beban moral, ekspektasi visi dari Pemerintah Daerah Batang yang besar untuk menuju
tahun 2022 dengan tagline Heaven of Java berasa seperti bintang di angan–angan, ketika semakin dilihat lama-lama akan memburamkan mata dan hilang.

Ada ratusan dan mungkin bahkan ribuan lulusan perguruan tinggi di Kabupaten Batang baik PTN maupun PTS, tetapi bisa kita lihat seberapa banyak mereka yang lulusan perguruan tinggi tersebut tergugah emosionalnya dan ikut serta berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Batang.(Hamdi/red).

leave a comment

Create Account



Log In Your Account