Idolmart Tambun Yang Kini Memiliki 71 Cabang, Begini Awal Ceritanya.

Oleh: Suhu Wan Muhammad, (Ketum AMRI & Owner 71 Idolmart)

Serombongan debt collector datang saat itu saya sedang tidak dirumah di cikarang Baru Bekasi. karena tidak ketemu dg saya mereka pergi ke toko saya yang terakhir, (Toysmart yang bangkrut) dan mereka menggembok toko itu, menutup paksa, karyawan yang ada disuruh keluar, dan tamatlah riwayat toko itu….satu2nya toko saya yang menjadi harapan terakhir. Wassalam

Isteri yang sudah tidak kuat karena makin banyak takanan dari debt collector (dari supplier, bank, kartu kredit)..akhirnya kami hijrah ke tempat kakak ipar di cisalak, depok. 2 bulan di situ pergi lagi mengungsi ke rumah adik di cikarang yang kebetulan melahirkan. 1 bulan disitu kami pindah lagi dan bermaksud ke rumah ponakan di tambun

malam hari sebelum sampai di rumah ponakan di Tambun, kami sekeluraga lapar dan mampir di rumah makan. namun saat melihat harga ikan bakar, kok mahal ya? kami tidak jadi makan…..uangnya tidak cukup, dan terus ke tempat ponakan. Rencana paling mau beli nasi goreng dari gerobak saja, eh sampai di rumah ponakan ternyata dia masak banyak dan kami makan.

Pagi hari saya ngajak istri jalan kaki dari rumah ponakan kami berjalan, jalan mangunjaya, sampai ke rel tambun, melihat beberapa toko yang dikontrakkan.

belum ada yang cocok, kami jalan lagi kearah rumah ponakan, dan ada 1 toko yang sedang tutup tetapi tidak ada tulisan dikontrakkan, kami tanya pada toko yang disebelah, dan ternyata memang dikontrakkan oleh pemiliknya.

Kami telpon dan besok janjian, ketemu dengan pemiliknya. Akhirnya ketemu besok dan tawar menawar, harga kontrak 20 juta pertahun. saat itu karena tidak ada uang saya minta undur pembayaran sampai 3 bulan.

inilah cerita awalnya, akhirnya bulan Februari 2007 berdirilah disitu Idolmart pertama di Tambun Bekasi dengan luas dibawah 100 meter2, kami tinggal disitu bersama2 karyawan, dan 10 tahun kemudian kami bisa perluas bertahab (membeli toko2 di sebelahnya) dan sekarang luasnya 340 meter2 (area dagang). Dari Idolmart pertama ini sekarang Alhamdulillah berkembang menjadi 64 toko.

Apa yang ada dipikiran saya saat saya bangkrut itu? tidak lain dan tidak bukan adalah….KEYAKINAN…..keyakinan bahwa Allah tidak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan kita, keyakinan bahwa dibalik kesulitan terdapat kemudahan, keyakinan bahwa setelah mendaki gunung akan ada turunan setelah itu, tidak akan ketemu gunung terus. Keyakinan inilah yang kadang-kadang sulit dimiliki oleh sebagian orang, baik yang akan memulai, ataupun yang sedang dalam kondisi kesulitan maupun bangkrut

Saya selalu mengatakan pada keluarga saya, bahwa kita pasti akan keluar dari kesulitan ini, kan kita terus berupaya, memang saya belum tahu jalannya spt apa, tetapi pasti ada jalan.

Keyakinan itu memberikan energi luar biasa bagi saya, energi yang tidak pernah habis dalam terus berusaha. Toh rezeki adalah urusan Allah, bukan urusan kita, Allah yang akan memberi rezeki pada kita, tugas dan kewajiban kita adalah ikhtiar, berusaha, yakin dg usaha dan berdoa. Keyakinan bahwa kita akan keluar dari kesulitan, keyakinan itu ada pada diri kita, tidak akan bisa dipengaruhi oleh orang diluar kita. [red]

leave a comment

Create Account



Log In Your Account