Petakan Potensi Desa, Bupati Batang Segera Terbitkan SK Bupati

BATANG [Kompos.Net]—Pemerintah Kabupaten Batang segera menerbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati untuk memetakan desa menggunakan Surat Keputusan (SK) Bupati, sesuai dengan potensi masing-masing desa.

“Dari 239 desa, sudah ada 50% desa berpotensi yang sudah berhasil menunjukkan keunggulannya,” papar Bupati Batang, Wihaji didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Tulyono disela-sela membuka acara Bursa Inovasi Desa di halaman Kantor Bupati Kabupaten Batang, Kamis (15/11/2018).

Wihaji menjelaskan bahwa Bursa Inovasi Desa merupakan kegiatan inspiratif dan bisa menjadi pembelajaran bagi lainnya. Namun lebih dari itu, harus ada tindaklanjut dari masing-masing desa terhadap program inovasi yang diunggulkan secara sistematis.

“Ada tiga jenis yang diunggulkan yaitu infrastruktur, ekonomi lokal dan sumber daya manusia kemudian menselurkan 92 inovasi yang dikemunculkan tahun 2018, supaya bisa menginspirasi desa-desa lain di Kabupaten Batang,” ujar Bupati Batang Wihaji.

Menurutnya, kegiatan sangat menginspirasi desa lain, apabila akan membuat inovasi bersumber dari Dana Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Acara ini seiring sejalan dengan visi misi dan program Pemerintah Daerah tentang Penciptaan 1.000 Wirausaha Muda Baru.

“Selain itu cocok dengan program One Village One Product (OVOP), lebih bagus lagi apabila banyak manfaat dan ada tindaklanjut, sehingga tidak simbolis tapi berjalan terus menerus,” tegasnya.

Sebagai contohnya, Kabupaten Batang telah menjadi pelopor ekonomi kreatif di bidang kuliner kopi sebagai juara ketiga tingkat nasional dan juara pertama pemuda pelopor tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Yang terpenting setelah disediakan alat dan modal, mereka harus sudah menyiapkan pangsa pasar yang akan menjadi konsumen,” terangnya.(MH/red)

leave a comment

Create Account



Log In Your Account