Pilgub Bisa Dijadikan Barometer Pileg dan Pilpres 2019

BATANG, Jateng [kompos.net]—Kabupaten Batang dalam event-event pesta demokrasi bisa dibilang sukses. Hal ini menandakan kedewasaan dalam berpolik sehingga pemilihan bupati dan wakil bupati, pemilihan gubernur dan wakilnya, aman dan kondusif.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari penyelenggara pemilu yang bekerja sesuai regulasi dan independen,” kata Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Agung Wisnu Barata saat menjadi narasumber rapat kerja Evaluasi Penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018 di Batang, Selasa (7/8/2018).

Ia juga mengatakan bahwa keberhasilan dan kesuksesan Pilgub Jateng dapat dijadikan barometer Pilkada serentak tahun 2019 karena semua elemen masyarakat mengedepankan etika politik yang baik dan bermartabat.

“Evaluasi Pilgub ini dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan Pilgub Jateng 2018, dan untuk mengukur kebijakan serta untuk mengkritisi dan memberikan saran bagai penyelenggaraan Pilgub agar lebih baik lagi sehingga Pemilu bisa lebih bermartabat,” jelas penyandang gelar doktor tersebut.

Agung Wisnu Barata juga menjelaskan bahwa dari evaluasi ini yang perlu kita kuatkan, yaitu tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Pasalnya kalau kita bandingkan partisipasi masyarakat dalam Pilkades pasti lebih tinggi daripada pemilihan lainnya.

“Peningkatan partisipasi masyarakat tugas bersama dapat dilaksanakan dengan melalui pendidikan politik, bantuan politik, dan Pilkada,” lanjut Agung Wisnu Barata.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang Nur Untung Slamet mengatakan bahwa kegiatan Pilkada aman jika aparat penyelenggara Pilkada tidak bermain atau independen, bekerja sesuai dengan tupoksinya sehingga proses penyelenggaraan Pilgub dapat berjalan dengan baik dan ini dapat dibuktikan pada saat Pilkada Kabupaten Batang.

“Saya harapkan Pilpres dan Pileg yang akan datang, dapat berjalan dengan aman juga sesuai dengan etika-etika yang ada,” kata Nur Untung Slamet.

Kabag Ops. Polres Batang Kompol Hartono mengatakan bahwa KPU dan Panwas dan jajaran Kepolisian dan TNI bersinergi melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi sehingga Pilgub di wilayah Batang mendapat predikat aman.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto mengucapkan terima kasih semua pihak sesuai dengan tupoksinya yang telah menyukseskan Pilgub Jateng yang berjalan aman. (red)

leave a comment

Create Account



Log In Your Account