Ruang Diskusi Mahasiswa Kian Luntur. Forsimba Gagas Diskusi Rutin Lintas Generasi

Ruang Diskusi Mahasiswa Kian Luntur. Forsimba Gagas Diskusi Rutin Lintas Generasi

Ruang Diskusi Mahasiswa Kian Luntur. Forsimba Gagas Diskusi Rutin Lintas Generasi

BATANG [Kompos.Net]—Ruang diskusi mahasiswa di kampus maupun di luar kampus belakang ini kian menyusut dibandingkan era 10 tahun lalu. Kondisi tersebut memang tidak bisa dinafikkan dengan pesatnya era digitalisasi saat ini.

Guna menggairahkan ruang diskusi tersebut, pengurus Pengurus Forum Silaturahmi Mahasiswa Batang  Yogyakarta (Forsimba) mengadakan sharing session dengan pengurus lainnya Lintas Generasi.

Bertemakan ‘Ngumpulke Balung Pisah’, acara terlaksana di Angkringan Bento Kalisalak Batang pada Minggu (30/9/2018) sore.

Ketua Forsimba periode 2018 Nabiul Maarif mengatakan kondisi mahasiswa saat ini sangat susah berkumpul dan berdiskusi bareng untuk membahas segala sesuatu tentang banyak hal baik terkait kampus maupun di tempat kelahirannya, Batang.

Mereka seolah lebih asyik dengan gadget masing-masing. Ditambah, maraknya grup WA serta aplikasi sejenis dan penggunaan media sosial membuat mereka seolah enggan srawung dengan rekan lainnya.

“Budaya kumpul bareng dan diskusi seperti ini yang perlu dilestarikan,” jelas pria yang akrab disapa Arif, Minggu.

Pencetus acara, Ali Ulin Nuha menyatakan budaya mahasiswa untuk menyiptakanruang diskusi perlu digalakkan. Sayang, jika mahasiswa yang dulu dikenal dengan agent of change hanya tinggal slogan semata.

Maka dari itu, pihaknya menginisiasi pertemuan alumni Forsimba lintas generasi yang tersebar di beberapa daerah.  Tahap awal, dia menghadirkan beberapa perwakilan mahasiswa yang tergabung di Forsimba dan mahasiswa Batang lainnya untuk merencanakan mengadakan pertemuan rutinan setiap selapanan atau 40 hari menyesuaikan dengan kalender jawa.

“Banyak alumni Forsimba yang memiliki kemampuan sesuai bidang keilmuan /pekerjaan. Alangkah baiknya, jika dalam setiap pertemuan bisa sharing ilmu kepada mahasiswa lainnya. Dengan banyaknya latar belakang para alumni, akan menambah cakrawala pengetahuan,” ujar dia.

Dalam acara tersebut, hadir alumni Forsimba generasi awal hingga 2015, antara lain M. Rizal. M. Hamdi, Himma Khusna, Nur Rokhim dan lainnya. (red)

leave a comment

Create Account



Log In Your Account