Suasana Haru Warnai Upacara Pelepasan Anggota Purna Tugas

PEKALONGAN, Jateng [kompos.net]—Kepolisian Resor Pekalongan pagi tadi menggelar upacara kenaikan pangkat bagi perwira serta bintara, juga prosesi pelepasan sembilan anggota yang memasuki masa pensiun atau purna tugas.

Mereka terdiri atas tujuh anggota berpangkat perwira dan tiga anggota berpangkat bintara. Para anggota yang telah purna tugas pun tak dapat menyembunyikan kesedihannya.

Upacara pelepasan purna tugas kepada lima anggota ini berlangsung di halaman Polres Pekalongan, Senin (2/7/2018).

Prosesi dipimpin oleh Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si. yang dihadiri semua anggota polres dan polsek jajaran, serta ketua Bhayangkari beserta pengurus Bhayangkari cabang Pekalongan.

Adapun anggota yang purna tugas adalah AKP (Purn) Legito S.H., AKP (Purn) Slamet Mardiyanto, AKP I Wayan Suenata, Ipda (Purn) Khudori, Ipda (Purn) I Made Sudiyana, Ipda (Purn) Songko Basuki, Ipda (Purn) I Gede Soka, Aiptu (Purn) Daryoto, Aiptu (Purn) Jumono, dan Aipda (Purn) Waluyo.

Setelah menggelar upacara, sebagai bentuk penghormatan dilakukan prosesi “pedang pora” yang dilakukan oleh anggota lainnya. Kesembilan anggota yang telah purna tugas beserta istrinya kemudian berjalan di antara barisan pemegang pedang.

Dengan rasa haru, beberapa kali anggota terlihat menyeka air mata yang mulai menetes setelah melihat upacara penghormatan ini. Bahkan, beberapa anggota polisi yang memberikan penghormatan tak luput dari rasa haru.

Kapolres Pekalongan mengatakan, upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan dan apresiasi atas pengabdian para perwira dan bintara yang purna tugas.

“Selamat kepada personil yang hari ini pangkatnya naik satu tingkat lebih tinggi. Dengan demikian, tanggung jawab terhadap pekerjaan dan tupoksinya juga mengikuti; selalu semangat dalam bekerja dan jadilah insan Polri yang promoter,” harap Kapolres.

Kapolres Pekalongan juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian mereka selama bertugas menjadi anggota Polri.

“Semoga nanti setelah purna tugas ketika di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman, tertib, dan tetap menyampaikan pesan-pesan Polri kepada masyarakat,” pungkas AKBP Wawan. (wwn/red)

leave a comment

Create Account



Log In Your Account