Warga Desa Sampih Wonopringgo Antusias Ikuti Pelatihan SID

PEKALONGAN [Kompos.Net]—Warga Desa Sampih Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan sangat antusias mengikuti pelatihan sistem informasi desa (SID) yang diselenggarakan Pemerintah Desa Sampih.

Pelatihan berlangsung di Aula Balai Desa Sampih pada Kamis (18/10/2018) dengan tujuan bisa menyetak jurnalis desa/ jurnalisme warga untuk memaparkan potensi dan kegiatan lainnya di desa setempat.

Kepala Desa Sampih M. Abi Sulaiman menyatakan era keterbukaan informasi saat ini sangat bermanfaat untuk memaparkan potensi desa dan segala kegiatan di desa. Dengan begitu, warga desa setempat diharapkan berperan aktif dan berkontribusi dalam penyebaran informasi melalui website desa yang sudah difasilitasi oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Guna meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM), kata dia, pihak pemerintah desa mengundang tim dari media online Kompos.Net untuk melatih warga menyukai dunia jurnalistik.

“Peserta yang mengikuti pelatihan merupakan perwakilan dari elemen masyarakat desa,” ujar Abi disela-sela pelatihan, Kamis (18/10/2018).

Pantauan di lokasi, warga setempat yang terdiri dari berbagai unsur meliputi karang taruna, guru PAUD, remaja masjid, guru TPQ, perangkat desa dan PKK dengan antusias mengikuti materi pelatihan jurnalistik dari pagi hingga sore hari.

Pembicara dari Kompos.Net, M. Hamdi mempaparkan pentingnya di era revolusi industri 4.0 untuk menyaring informasi dari media sosial serta menolak berita bohong/hoax yang berseliweran saat ini yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Semestinya, kemajuan teknologi belakangan terakhir bisa dimanfaatkan untuk berkreasi dan berinovasi di semua lini bidang, termasuk menggarap potensi desa dengan cara menyebarkan informasi positif kepada khalayak umum.

“Sekarang ini, desa sudah difasilitasi dengan keberadaan website desa, yang terintegrasi dengan program pemerintah melalui sistem informasi desa dan kawasan (Sideka). Makanya, sangat penting jika warga saatnya bisa menjadi jurnalis desa,” papar dia. (red)

leave a comment

Create Account



Log In Your Account